Cara Daftar Calon Peserta PPG 2018 (Sertifikasi 2018 Tahap 2) Melalui app.simpkb.id

Cara Daftar Calon Peserta PPG 2018 (Sertifikasi 2018 Tahap 2) Melalui app.simpkb.id|Cara Daftar PPG 2018 - Dirjen GTK Kemdikbud akan melakukan pendataan Calon peserta pendidikan profesi guru dalam jabatan 2018. Mengacu edaran nomor 4184/B4/GT/2018 mengenai Pendataan Calon Peserta PPG dalam Jabatan  2018 tahap 2 dijelaskan bahwa Pendaftaran Peserta PPG 2018 tahap dua akan dilakukan mulai tanggal 17 Februari s/d 3 Maret 2018 serta terintegrasi dengan akun SIMPKB.

Calon Peserta PPG 2018
Calon Peserta PPG 2018

Syarat, Tahapan, dan Potensi Aduan Pendataan Calon Peserta PPG Dalam Jabatan 2018 

Kemendikbud lewat Dirjen GTK telah menginformasikan mengenai pencataan Calon Peserta PPG Dalam Jabatan lewat akun SIM PKB.

Kegiatan pendataan itu diawali mulai sejak tanggal 1 November s/d 20 November 2017. Pendataan Calon  Peserta PPG Dalam Jabatan diutamakan untuk 500 ribu guru yg sudah memenuhi kriteria berdasar pada data Dapodik sebagai berikut.

  1. Belum Sertifikasi 
  2. Harus S1/D4 
  3. Harus PNS, GTY atau Guru Honor Daerah 
  4. TMTdi bawah 31 Des 2015 
  5. Belum pensiun, umur paling tua kelahiran th. 60, umur paling muda kelahiran 1995 (asumsi telah lulus S1) 
  6. Tidak harus mempunyai NUPTK 
  7. *Punya nomor peserta UKG serta harus masuk SIM PKB * 
  8. Semua prasyaratan  di ambil dari Dapodik per tanggal 31 Juli 2017 
Sehubungan dgn pendaftaran Calon peserta pendidikan profesi Guru dalam jabatan 2018, beberapa rekan guru baiknya memerhatikan serta mengerti informasi berkaitan persiapan Peserta PPG 2018 tahap dua tersebut :


  • Calon Peserta PPG 2018 adalah guru yg s/d tanggal 31 Des. 2015 serta sudah terdaftar/terdata dalam aplikasi Dapodikdasmen terhitung tanggal 31 Juli 2017. 
  • Calon peserta pendidikan profesi guru Jabatan harus memenuhi kriteria administrasi serta akademik yang yelah diputuskan Dirjen GTK Kemdikbud. 
  • Calon peserta harus melaksanakan pendaftaran di akun SIM PKB masing-masing dgn pilih program studi pendidikan profesi guru sesuai dgn Ijazah sarjana yg dimiliki. Jika tidak linear maka besar peluang ajuan juga akan tidak diterima oleh LPMP. 
  • Verifikasi dan validasi oleh LPMP akan merujuk pada keseuaian pada prodi pendidikan profesi guru yg diambil dgn ijazah sarjana yang dimiliki atau  dilampirkan ketika mendaftar. 
  • Calon  yg lulus verval juga akan diputuskan sebagai peserta pretest pendidikan profesi guru sebagai langkah awal supaya lulus kriteria akademis. 




Cara Daftar Calon Peserta PPG 2018 di SIM PKB 


Untuk mendaftaran dalam jabatan tahap dua th. 2018 terdapat banyak tahapan yg perlu dilaksanakan, di bawah ini beberapa langkah langkah daftar PPG 2018 di SIM PKB.

1. Login SIM PKB 

Silakan Bapak/ibu login pada situs SIM PKB di https :// app. simpkb. id /. Masukan ussername serta password, jika lupa password silakan hubungi ketua komune MGMP .

2. Periksa Status Peserta 

Jika dalam aplikasi SIM PKB ada menu kotak dialog undangan sebagai Peserta diklat pendidikan Profesi Guru berarti Bapak/ibu termasuk menjadi Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru serta bisa melaksanakan pendaftaran Pendidikan Profesi Guru. Lihat pada gambar berikut ini.


Cara Pendaftaran PPG (Pendidikan Profesi Guru) di SIM PKB 


3. Daftar Sebagai Peserta PPG 

Untuk mendaftar menjadi Peserta diklat Pendidikan Profesi Guru, silakan Bapak/Ibu tentukan tombol Mendaftar Sekarang. Setelah itu Bapak/Ibu lengkapi data usulan diklat Pendidikan Profesi Guru pada halaman formulir pendaftaran. 



Daftar isian yang perlu ditambahkan salah satunya sebagai berikut :

Tahap Mapel Pendidikan Profesi Guru, isikan tahap mata pelajaran sesuai dgn tahap mata pelajaran yang Bapak/Ibu ampu. Contoh : Bhs Indonesia.


  1. Bidang Studi PPG, isikan bidang studi sesuai dengan bagian studi . 
  2. Kwalifikasi Pendidikan, isikan kwalifikasi pendidikan Bapak/Ibu, contoh : S1 PGSD. 
  3. Tahun tamat Ijazah Sarjana (S1), isakan tahun tamat ijazah Bapak/Ibu, contoh : 2010. 
  4. Tipe Studi pendidikan, contoh : Pendikan Guru Sekolah Dasar. 
  5. Jurusan atau Program Studi, contoh : Pendidikan Ekonomi. 
  6. Fakultas, contoh : Fakultas Keguruan serta Pengetahuan Pendidikan. 
  7. Nama Lengkap Perguruan Tinggi Penerbit Ijazah, contoh : Universitas Muhammadiyah Metro. 


Perlu diingat untuk mengunggah File Ijazah, gunakan ijazah asli lalu discan dengan ukuran maksimum 1 MB dengan format PNG/JPG/JPEG. Bila formulir telah selesai di isi dengan lengkap silakan Bapak/Ibu meneruskan pendaftaran Calon Peserta PPG dengan cara tentukan tombol Lanjut.

Pada Bpk/Ibu kiranya masih belum lengkap Cara Daftar Calon Peserta PPG 2018 pada penjelasan diatas bisa download melalui link berikut ini:



Demikian penjelasan tentang Cara Daftar Calon Peserta PPG 2018 (Sertifikasi 2018 Tahap 2) Melalui app.simpkb.id semoga bermanfaat.





0 Response to "Cara Daftar Calon Peserta PPG 2018 (Sertifikasi 2018 Tahap 2) Melalui app.simpkb.id"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel